Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 07 Desember 2010

HUKUM MELDE PADA TALI


MODUL  4 – HUKUM MELDE PADA TALI
Ayi Ruhiyat (1210705025)
Sesi Pagi, IF-A
Tanggal Praktikum : 25 Oktober 2010
Asisten :


LABORATORIUM FISIKA DASAR
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2010


I.                  TUJUAN PRAKTIKUM
·         Mengetahui perilaku gelombang berdiri pada tali
·         Menentukan frekuensi-frekuensi harmonik gelombang pada tali
·         Menjelaskan pengaruh tegangan tali dan rapat massa tali terhadap cepat rambat gelombang pada tali
II.               ALAT DAN BAHAN
·         Audio generator
·         Vibrator
·         Beban gantung
·         Penggaris panjang
·         Katrol jepit
·         Capit buaya
·         Benang/tali
III.           TEORI  DASAR
Gelombang adalah getaran yang merambat. Berdasarkan amplitudonya, gelombang dibagi atas gelombang berjalan dan gelombang berdiri.Gelombang berjalan adalah gelombang yang memiliki amplitude tetap,sedangkan gelombang berdiri adalah gelombang yang amplitudenya berubah-ubah. Menurut hokum Melde besarnya cepat rambat gelombang pada tali v memenuhi persamaan berikut.
Dengan F=mg adalah tegagan tali, M massa beban, dan g percepatan gravitasi bumi dan µ adalah massa persatuan panjang tali.
            Bila seutas tali dengan tegangan tertentu digetarkan secara terus menerus maka akan terlihat suatu bentuk gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang, gelombang ini dinamakan gelombang transversal. Jika kedua ujungnya tertutup, gelombang pada tali itu akan terpantul-pantul dan dapat menghasilkan gelombang stasioner yang tampak berupa simpul dan Perut gelombang asalkan dipenuhi :

Yakni panjang tali (L) merupakan kelipatan bilangan bulat dari setengah panjang gelombangnya. Lalu rampat gelombang pada tali dimana :
V= laju perambatan gelombang tali (m/det)
F= tegangan tali (N)
M=rapat masa linier (kg/m)
Jika frekuensi dan panjang gelombang diketahui, maka cepat rambat gelombang dengan mudah dapat dihitung. Ketiga variable ini memenuhi persamaan :
v = λf
Yang mana f adalah frekuensi gelombang dan λ adalah panjang gelombang.Pembagian jenis gelombang ini didasarkan pada medium perambatan gelombang.
1.       Gelombang mekanik, yaitu gelombang yang perantaranya butuh medium. Misalnya: gelombang air, gelombang bunyi, gelombang slinki, gelombang bunyi, gelombang permukaan air, dan gelombang pada tali.
2.       Gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang perambatannya tidak memerlukan medium. Misalnya gelombang cahaya,  cahaya, sinar ultra violet, infra merah, gelombang radar, gelombang radio, gelombang TV, sinar – X, dan sinar gamma (γ)
Bila gelombang pada tali itu mempunyai panjang gelombang I maka frekuensi vibator yang menimbulkannya kombinasi antara persamaan 2 dan 3 di sebut persamaan melde, jika tali yang panjangnya I di bentangkan dan di beri beban lewat katrol seperti pada gambar di atas serta ujung A di getarkan terus menerus maka pada tali akan terbentuk gelombang transversal yang stasioner (diam)
Percobaan ini pertama kali di lakukan oleh melde untuk menentukan cepat rambat gelombangtransversal pada tali dari hasil percobaannya melde nenentukan kesimpulan bahwa cepat rambat gelombang pada tali adalah berbanding lurusdengan akar kwadrat tegangan tali (F) dan berbanding terbalik dengan akar kwadrat massa persatuan panjang tali ( )


IV.           METODA
a.     Alat dan Bahan
·         Audio generator
·         Vibrator
·         Beban gantung
·         Penggaris panjang

0 komentar:

Poskan Komentar

Barudak IF.A

 
Free HTML Blog 4u