1. Analisis Kebutuhan Sistem
Analisa
sistem didefinisikan sebagai bagaimana memahami dan menspesifikasi dengan
detail apa yang harus dilakukan oleh sistem. Sedangkan sistem desain diartikan
sebagai menjelaskan dengan detail bagaimana bagian-bagian dari sistem informasi
diimplementasikan. Sehingga Analisa dan desain sistem informasi (ANSI) bisa
didefinisikan sebagai: Proses organisasional kompleks dimana sistem informasi
berbasis komputer diimplementasikan.
Dalam analisis kebutuhan sistem ini meliputi
kebutuhan data masukan, analisisn kebutuhan data keluaran, spesifikasi sistem,
dan untuk pengumpulan data atau pengambilan data di ambil dari kelas IF-A-2010.
Analisis
kebutuhan sistem menjelaskan apa saja yang dibutuhkan dalam
proses analisis dan desain program. Adapun analisis
kebutuhan sistem antara lain :
A. Kebutuhan Data
Kebutuhan data yang dimaksud adalah kebutuhan data akademik di kelas
yang dibutuhkan dalam sistem antara lain :
a. Data Mahasiswa
b. Data Nilai
c. Data Jadwal Mata Kuliah
d. Data Kegiatan Kelas
e. Data Materi Kuliah
Sistem informasi sangat penting di dalam mendukung
rencana pengembangan sistem dan mengidentifikasi kelemahan yang ada guna
mengambil keputusan yang tepat untuk pengembangan selanjutnya.
1.1 Analisis Kelemahan Sistem
Dari sistem yang kami buat masih
ada sebuah kelemahan yang harus diselesaikan dengan menganalisis dan
perkembangan dari sistem lama ke sistem baru dengan menggunakan analisis
P.I.E.C.E.S (Performance Information Economi Control Eficiency Sevice)maka
dari itu dengan analisis sebagai berikut :
1.
Performance
Atau Kinerja
Tugas dan beban kerja karyawan
lebih rumit. karena masih menggunakan sistem manual.Sebagai contoh diperlukan
waktu 30 menit untuk pembuatan satu laporan, untuk 2 laporan yaitu laporan
siswa dan guru mengajar diperlukan 60 menit pengerjaan. Sedangkan dalam waktu
yg sama seharusnya dapat melakukan pekerjaan yang lebih banyak.
2.
Information
a.
Informasi
yang dihasilkan tidak akurat karena masih terdapat kesalahan penginputan.
b.
Informasi
yang dihasilkan sering tidak tepat waktu untuk diberikan kepada kepala sekolah
dan pihak yang membutuhkan.misalkan kepala sekolah menginginkan laporan data
siswa dikeluarkan saat itu juga saat dibutuhkan,sedangkan tata usaha tidak bisa
membuat laporan saat itu juga karena diperlukan waktu 30 menit untuk pembuatan
laporan.
c.
Informasi
yang disampaikan masih memiliki kemungkinan salah sasaran penerima.
3.
Ekonomi
a.
Masih
terjadi pemborosan dlm penggunaan kertas, buku, alat tulis serta sumber daya
untuk pencatatan dan pembuatan laporan.sehingga membutuhkan biaya yang
dikeluarkan untuk memenuhi kebututuhan tersebut.
4.
Control
a.
Pengendalian
untuk mendeteksi kesalahan masih rendah.sehingga masih banyak terdapat
kesalahan yang dilakukan user waktu untuk menginputkan data.
5.
Eficiency
a.
Penggunaan
sumber daya manusia dan peralatan tidak sebanding dengan hasil laporan, dan
pencatatan.
6.
Service
a.
Kurangnya
peningkatan terhadap pelayan pihak yang membutuhkan.
2. Analisis
Kebutuhan Data Masukan
Kebutuhan data yang di perlukan
yaitu berupa inputan data dari mahasiswa dan data kelas.
3. Analisis
Kebutuhan Data Keluaran
Hasil keluaran inputan dari
sistem yaitu berupa informasi yang bersangkutan dengan data Mahasiswa.
4. Spesipikasi
Sistem
Spesipikasi sistem yang akan di
bangun dalam program ini adalah untuk memecahkan masalah yang terjadi pada
informasi tentang suatu kelas.
5. Hasil Penelitian Dan Pembahasan
Dalam
pengujian ini ada beberapa yang membedakan antara uji coba system dan uji coba
program.Pengujian perangkat lunak ini adalah elemen kritis dari jaminan
kualitas tersebut dan merepresentasikan spesifikasi, desain dan pengkodean. Meningkatnya
kwalitas perangkat lunak tersebut sebagai suatu elemen sistem dan biaya yg
muncul.memotivasi dilakukan perencanaan yg baik melalui pengujian yg teliti.
Pengembang software secara alami merupakan orang konstruktif.
Ujicoba
yang diperlukan oleh pengembang adalah untuk melihat kebenaran dari software
yang dibuat dan konflik yang akan terjadi bila kesalahan tidak ditemukan. Dari
sebuah buku, Glen Myers menetapkan beberapa aturan yang dapat dilihat sebagai
tujuan dari ujicoba :
1.
Ujicoba
merupakan proses eksekusi program dengan tujuan untuk menemukan kesalahan
2.
Sebuah
ujicoba kasus yang baik adalah yang memiliki probabilitas yang tinggi dalam
menemukan kesalahan-kesalahan yang belum terungkap
3.
Ujicoba
yang berhasil adalah yang mengungkap kesalahan yang belum ditemukan.
Desain Test Case
Terdapat bermacam-macam rancangan metode test case
yg dapat digunakan, semua menyediakan pendekatan sistematis untuk uji coba, yg
terpenting metode menyediakan kemungkinan yg cukup tinggi menemukan
kesalahan.
6.
DCD
Penjelasan dari Data Context Diagram (DCD) yang di
atas :
a. Admin:
- Admin
mengupdate setiap data kelas atau informasi Perkuliahan dari kosma.
- Admin
Menerima data kelas dari kosma.
b. Kosma
:
- Memberikan
data kepada admin .
- Menerima informasi
jurusan atau informasi perkuliahan.
c. Mahasiswa
:
- Menerima
Informasi kelas.
- Menerima
informasi perkuliahan.
d. Jurusan:
- Memberikan
info tentang perkuliahan.
- Menerima data
mahasiswa.