Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 25 Agustus 2011

Tips Mudik Cerdik Dalam Persiapan dan Perjalanan

Jika anda merencanakan mudik dengan keluarga atau sendiri baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum anda memerlukan tips persiapan mudik dan juga tips perjalanan mudik yang cerdik dan bisa membantu anda untuk selamat sampai tujuan. Anda bisa mencoba beberapa tips mudik berikut:
Jika anda akan mudik sebaiknya anda melakukan persiapan seperti berikuy:
Bagi warga Indonesia pada umumnya, mudik sudah menjadi tradisi bahkan agenda tahunan menjelang akhir Ramadhan untuk merayakan Idul Fitri bersama sanak saudara serta kerabat di kampung halaman setiap umat.
Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, alangkah baiknya kita mempersiapkan segala sesuatu yang kita butuhkan saat mudik, bukan hanya mempersiapkan barang bawaan, namun persiapan mental serta fisik juga perlu diperhatikan.
Berikut beberapa tips sederhana dan mendasar sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum maupun pribadi.
- Pastikan Kondisi Fisik kita dalam keadaan sehat, karena akan sangat menguras tenaga serta stamina saat  diperjalanan.
- Bagi pengguna kendaraan pribadi, pastikankondisi kendaraan anda, alangkah baiknya, lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.
- Bawalah uang secukupnya saat perjalanan mudik, siapkan biaya perjalanan sesuai dengan yang telah anda rencanakan sebelumnya, serta pastikan barang berharga tersimpan di tempat yang aman.
- Bawalah barang bawaan seefesien mungkin, khususnya pemudik yang menggunakan transportasi umum, pastinya akan merepotkan anda, serta menghindari over weight bagasi anda.
- Bawalah peta mudik atau GPS, akan sangat membantu anda dalam perjalanan, apabila dalam perjalanan anda menjumpai kemacetan, dengan adanya peta atau GPS anda bisa mencari jalur alternatif terdekat.
- Pastikan sabar selama perjalanan, karena hal-hal yang kurang menyenangkan pasti anda temui, seperti macet ataupun kendala teknis lainnya.
Tetap menjaga konsentrasi serta ketenangan selama perjalanan, agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan seperti kecelakaan lalu lintas ataupun modus kejahatan lainnya seperti copet, bius, dan lain-lain yang membahayakan diri anda. ” selamat Mudik”.

Nah jika anda mudik menggunakan kendaraan umum seperti pesawat maka berikut adalah tips agar penerbangan anda menyenangkan dan nyaman:
Menempuh perjalanan udara, bagi pemula, memang terkesan repot dan memusingkan karena serangkaian prosedur yang harus dilalui oleh setiap calon penumpang. Tetapi, semua itu bisa diatasi dengan melakukan beberapa tips di bawah ini.
Pertama, datanglah 1,5 jam lebih awal untuk penerbangan domestik, atau 2 jam untuk luar negeri, sebelum waktu keberangkatan. Bagi Anda yang akan ke luar negeri, pastikan membawa dokumen perjalanan, seperti, paspor, visa, kartu NPWP, atau dokumen penggantinya.
Kedua, sebelum melakukan check in, pastikan tas yang akan dibawa ke dalam kabin sudah “bebas” dari benda yang dilarang, seperti gunting dan cutter. Bila memungkinkan, segera pindahkan benda tersebut ke dalam tas yang akan dimasukkan ke dalam bagasi.
Ketiga, matikan handphone, sesaat menuju pesawat atau ketika Anda masih di ruang tunggu.
Keempat, tidak perlu terburu-buru saat masuk ke dalam kabin. Duduklah di kursi yang sesuai dengan nomor yang tertera di boarding pass Anda dan letakkan tas di ruang bagasi atas, di bawah kursi atau tempat lain yang direkomendasikan oleh awak kabin.
Kelima, duduklah dengan nyaman dan kenakan sabuk pengaman dengan benar. Bila bingung, ikuti petunjuk awak kabin atau instruksi yang tertera di kartu penjelasan di depan kursi. Bila perlu, bertanyalah kepada awak kabin.
Keenam, perbedaan tekanan udara di darat dan udara bisa membuat indera pendengaran kita terganggu. Mengunyah permen karet sewaktu pesawat take off bisa membantu untuk menormalkan tekanan di gendang telinga.
Ketujuh, bila tidak ada permen karet, Anda bisa mencoba cara lainnya, yakni dengan menutup hidung dengan jari dan mulut, kemudian meniup udara keluar dari hidung. Selain sewaktu lepas landas (take off), cara di atas dapat Anda lakukan saat pesawat mendarat (landing). Pada penerbangan internasional, biasanya Anda akan mendapatkan earphone untuk mendengarkan musik dan film. Manfaatkan alat itu dengan baik untuk menambah kenyamanan Anda selama berada dalam penerbangan.
Kedelapan, bila perjalanan Anda berlangsung lebih dari 3 jam, bebaskan kaki dari sepatu agar otot-otot kaki menjadi rileks. Jangan terlalu asyik menikmati fasilitas hiburan di pesawat. Ingat, tubuh anda memerlukan istirahat atau tidur.
Kesembilan, setelah pesawat mendarat, sebaiknya tetap duduk tenang sampai pesawat benar-benar berhenti dan Anda diperbolehkan turun dari pesawat. Tidak perlu terburu-buru menuju pintu keluar. Ingat, Anda tidak akan dibawa lagi oleh pesawat!
Kesepuluh, pastikan semua bawaan Anda tidak ada yang tertinggal saat meninggalkan kursi pesawat.

Tips mudik terakhir bisa anda peroleh jika anda naik menggunakan perjalanan darat baik dengan mobil pribadi atau bus:
Lebaran semakin dekat. Orang-orang mulai disibukkan dengan mudik yang notebene tradisi tahunan. Apalagi saat mudik, tidak jarang orang lalai menyiapkan dengan matang, sehingga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti rumah terbakar dan dibobol maling.
Namun dibalik itu, ada orang-orang yang mau mengingatkan, meskipun melalui selebaran “Tips Mudik Cerdik Gaya Solo”. Adalah anggota Linmas Kampung Teposanan, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Ris Sudarmadi (42) dan Sunarto (42).
Dua orang yang mengenakan Pakaian Dinas Lapangan (DPL) lengkap itu, dari pagi hingga menjelang siang menyebarkan sebanyak 1.000 selebaran dengan ukuran A4 sambil menenteng poster besar di Jalan Slamet Riyadi, Solo saat berlangsungnya Car Free Day (CFD), Minggu (21/8).
Karena aksi unik itu, banyak warga yang setelah diberi selebaran justru meminta foto bersama dengan kedua linmas tersebut. Disamping juga, banyak warga yang bertanya pada kedua petugas Linmas itu sendiri.
“Ya, mereka (warga), saat saya sodorkan selebaran. Ini apa Pak? Saya jawab, ini sekedar untuk mengingatkan Bapak/Ibu/Adik sebelum mudik yang tinggal seminggu lagi. Biar semuanya lanbcar dan aman, seperti itu,” kata Sudarmadi di sela-sela membagikan selebaran yang dipusatkan di depan Hotel Dana, Jalan Slamet Riyadi.
Sementara itu, sambil menenteng poster yang bertuliskan “Tips Mudik Cerdik Gaya Solo” itu, dia menuturkan jika apa yang ada di dalam selebaran kurang lebih yaitu memberikan tips pemudik yang akan menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Ada juga tips aman pemudik yang akan meninggalkan rumahnya agar tak disatroni pencuri.
“Ini juga bagian dari kami, mengingat saat di kampung kami bertugas mengamankan lingkungan. Jadi, masyarakat juga kita himbau agar mengunci rumahnya saat akan mudik,” tutur dia dengan bangga.
Seorang keluarga yang kebetulan di CFD, Hartanto S (48) bersama Istrinya Tri Sulistyani (44) mengapresiasi dengan apa yang dilakukan oleh Linmas tersebut. Hartanto mengaku tidak sampai berfikiran sejeli itu, yakni seperti yang tertuang dalam selebaran yang diterimanya.
“Saya besok juga akan mudik ke Pacitan. Tapi saya tak sampai berfikiran jauh. Cuma sekedar mudik, terus selesai. Selebarang ini sangat bermanfaat agar saat mudik lancar dan aman,” jelas warga Banjarsari itu.
SELAMAT MENCOBA TIPS MUDIK DI ATAS, SEMOGA BERMANFAAT

0 komentar:

Posting Komentar

Barudak IF.A

 
Free HTML Blog 4u